Uncategorized

Aplikasi Layanan Kesehatan Mental Paling Kerap Diterapkan Masyarakat Indonesia

Dewasa ini, perkembangan teknologi sudah merambah sampai sektor kesehatan. Salah satunya ialah dengan ketidakhadiran layanan telemedicine. Telemedicine didefinisikan sebagai layanan kesehatan berbasis teknologi yang memungkinkan pengguna untuk berkonsultasi jarak jauh dengan tenaga medis atau profesional di bidang kesehatan tanpa bertatap muka.

Kehadiran layanan telemedicine memudahkan masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan tanpa seharusnya mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat. Telemedicine lantas menjadi revolusi bagi dunia kesehatan.

Hasil survei yang dirilis oleh Populix pada 10 Oktober 2022 bertajuk “Indonesia’s Mental Health State & Access to Medical Assistance” mengungkapkan bahwa sebesar 54 persen responden mengakses layanan kesehatan mental dari aplikasi telemedicine.

Di antaranya, terdapat sebagian aplikasi atau platform yang tak jarang dipakai oleh para responden untuk mengakses layanan kesehatan mental. Berdasarkan hasil survei Populix, berikut ialah daftar aplikasi layanan kesehatan mental paling tak jarang dipakai masyarakat Indonesia pada tahun 2022.

1. Halodoc

Peringkat pertama aplikasi layanan kesehatan paling tak jarang dipakai oleh masyarakat Indonesia diraih oleh Halodoc. Adapun raihannya mencapai 79 persen responden pada tahun 2022.

Berdiri semenjak tahun 2016, Halodoc ialah perusahaan teknologi asal Indonesia yang bergerak di bidang telekonsultasi spaceman slot pragmatic kesehatan. Melalui Halodoc, pengguna bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis, membeli obat, sampai mengerjakan pemeriksaan laboratorium melalui hand phone selama 24 jam.

Simplifying healthcare menjadi tujuan dari Halodoc ialah untuk memudahkan akses kesehatan bagi semua masyarakat Indonesia. Terdapat 2 variasi konsultasi yang dilaksanakan oleh pasien melalui aplikasi Halodoc.

Pertama ialah konsultasi bersifat emergensi yang 68 persen bisa diatasi dengan Tindakan medis digital. Kemudian yang kedua, pasien sudah pernah berjumpa dengan dokter dan cukup mengerjakan follow up dari perawatan yang dijalani.

2. Alodokter

Sementara itu, Alodokter menempati posisi ke-2 aplikasi layanan kesehatan paling tak jarang dipakai dengan raihan sebesar 55 persen responden.

Alodokter didirikan pada tahun 2014 sebagai perusahaan layanan konsultasi kesehatan secara online yang bisa diakses melalui situs ataupun aplikasi.

Kini Alodokter menyediakan 5 fitur utama di antaranya chat bersama dokter, membuat komitmen konsultasi dengan dokter atau mencari rumah sakit opsi, artikel kesehatan berbahasa Indonesia, perlindungan kesehatan tambahan dengan Proteksi Alodokter, serta berbelanja keperluan kesehatan.

3. KlikDokter

Adapun posisi ke-3 diraih oleh KlikDokter dengan perolehan sebesar 28 persen responden pernah menggunakan layanan kesehatan mental yang disediakan oleh KlikDokter.

Awalnya KlikDokter ialah situs yang memberi tahu artikel serta video kesehatan dari para dokter. KlikDokter sudah berdiri semenjak tahun 2008 silam yang mana kemudian pada tahun 2016, KlikDokter dimiliki serta dioperasikan oleh PT Medika Komunika Teknologi.

KlikDokter lantas mengembangkan fitur-fiturnya yang kini bisa melayani konsultasi kesehatan jarak jauh melalui aplikasi.

Anda mungkin juga suka...