Uncategorized

Ari Bias Sempat Hubungi Pihak Agnez Mo

Jakarta Musisi sekalian komposer Ari Bias melayangkan somasi terbuka kepada Agnez Mo dan HW Group, seputar penggunaan lagu ciptaannya, “Bilang Saja” di 3 konser musik tanpa izin. Ari Bias memberi waktu 7 hari kepada Agnez dan HW Group, untuk menaggapi somasinya.

Sebelum melayangkan somasi, Ari Bias berkomunikasi dengan Steve, yang adalah kakak sekalian manajer Agnez Mo. Namun, dia tidak mendapatkan jawaban positif dari pihak Agnez, atas direct license yang dilegalkan pada karyanya.

“Sudah (komunikasi) ke Steve, itu sudah aku chat, sudah aku WA. Saya memberitahukan spaceman aku sudah melakukan direct license,” kata pencipta lagu “Bilang Saja” di Wilayah Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Kamis (2/5/2024).

“Saya memberitahukan untuk tiga konser hal yang demikian, namun seperti yang aku bilang, tidak ada respons. Makanya waktu Desember aku larang penggunaan lagu sebab tidak kooperatiflah,” sambung Ari Bias.

Berdasarkan Ari Bias, pihak Agnez memberi respons yang bermakna ganda berkaitan permasalahan ini. Ia mengaku tidak mendapatkan jawaban pasti. “Ambigu saja. Berkeinginan sependapat dengan metode ini atau enggak, tidak ada jawaban yang pasti,” ujarnya.

Peristiwa penggunaan lagu “Bilang Saja” tanpa izin sudah terjadi sekitar setahun lalu. Namun, Ari punya alasan baru mempermasalahkannya dikala ini.

“Seperti Pak Johnny (dari Institusi Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN -red) bilang, ada cara kerja (pembayaran) yang tidak pasti. Jadi aku beri toleransi satu tahun. Karena ada yang tiga bulan baru bayar, enam bulan baru bayar,” jelas Ari Bias.

Didendangkan di 3 Kota

Ari malahan memperlihatkan bukti video pada ponselnya, yang memperlihatkan aksi Agnez Mo membawakan lagu ciptaannya. Ia juga mengaku sudah memeriksa ke pihak LMKN, dan tidak ada pemenuhan royalti atas lagu yang dibawakan Agnez.

“Itu lagu Bilang Saja yang dinayanyikan di 3 kota oleh Agnez Mo. Itu sebagai bukti jikalau lagu aku didendangkan di tempat itu dan tidak ada izin, dan tidak ada pembayaran ke LMKN selama satu tahun aku tunggu,” ucap Ari Bias.

Anda mungkin juga suka...