tips menjaga kesehatan gigi
Tips

Beberapa Tips Penting Untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Sehari-hari

Kesehatan gigi dan mulut yang tidak baik sanggup mengakibatkan berbagai masalah kesehatan, seperti sariawan, gusi bengkak, bau mulut, dan gigi berlubang. Lantas, bagaimana cara yang pas untuk menjaga kesegaran gigi dan mulut Anda dengan baik?

Ragam cara mudah menjaga kesegaran gigi dan mulut

Lingkungan mulut yang kotor, asam, dan lembap, sanggup mempermudah pertumbuhan bakteri mulut penyebab penyakit. Tak hanya pada mulut, bakteri ini sanggup masuk ke aliran darah dan menuju organ tubuh lainnya. Salah satu bakteri beresiko yang sanggup menyebar dan memicu masalah pada organ tubuh ialah Porphyromonas gingivalis (Pg). Bakteri ini diketahui memicu masalah gusi.

Sebuah belajar dalam jurnal Science Advances (2019) menemukan bahwa jumlah bakteri Pg di dalam otak pengidap Alzheimer lebih tinggi ketimbang otak orang yang sehat. Oleh karena itu, Anda wajib selalu menerapkan cara menjaga kesegaran gigi dan mulut lewat rutinitas sehari-hari seperti berikut.

1. Jangan menyikat gigi terlalu keras

Tujuan utama menyikat gigi ialah menyingkirkan plak gigi. Namun, jikalau Anda melakukannya judi bola online terlalu keras, perihal ini malah sanggup menghilangkan enamel agar memicu gigi jadi lebih sensitif.

Di samping itu, cara sikat gigi yang tidak benar termasuk sanggup memicu plak gigi malah menumpuk dan mengeras. Lama-kelamaan, ini sanggup memicu radang gusi (gingivitis). Teknik menyikat gigi yang benar wajib Anda laksanakan secara lembut. Lakukan termasuk gerakan memutar dan memijat gigi selama kurang lebih dua menit.

2. Menyikat gigi secara rutin

Dikutip berasal dari Mayo Clinic, Anda sebaiknya teratur menyikat gigi dua kali sehari, yaitu pada pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum akan tidur. Menyikat gigi pada waktu-waktu berikut menolong membersihkan sisa makanan dan juga plak yang mengandung bakteri di dalamnya.

Selain itu, Anda termasuk direkomendasi untuk membersihkan lidah. Hal ini bermanfaat untuk menyingkirkan kotoran yang melekat pada lidah agar kesegaran gigi dan mulut terjaga secara utuh.

3. Gunakan pasta gigi ber-fluoride

Fluoride atau fluor merupakan unsur alami yang sanggup Anda temukan dalam kandungan pasta gigi. Kandungan mineral ini dapat diserap tubuh, sesudah itu digunakan oleh sel-sel yang membangun gigi Anda untuk menguatkan lapisan enamel gigi. Fluor termasuk merupakan pertahanan utama pada rusaknya gigi. Mineral ini bekerja dengan cara memerangi kuman dan beri tambahan perlindungan alami untuk gigi Anda.

4. Gunakan benang gigi

Apabila Anda tidak sempat menyikat gigi setelah makan, Anda sanggup menghambat terjadinya sakit gigi dengan memakai benang gigi (dental floss). Kebiasaan memakai benang gigi dapat menolong membersihkan partikel makanan dan juga plak gigi yang tersangkut pada sela-sela gigi setelah Anda makan. Dibandingkan dengan bulu sikat gigi, pemakaian benang gigi lebih sanggup membersihkan kotoran yang menumpuk pada daerah yang sulit dijangkau.

5. Berkumur dengan obat kumur atau larutan garam

Selain mengusir bau mulut, obat kumur sanggup Anda andalkan untuk menghambat sakit gigi. Obat kumur menolong mengontrol pertumbuhan bakteri pada gigi dan mulut. Jika tidak miliki obat kumur, Anda termasuk sanggup memakai cara alami untuk menjaga kesegaran gigi, tidak benar satunya berkumur dengan larutan air garam. Peneliti berasal dari Oral Health Sciences Centre, India, menemukan bahwa pemakaian larutan garam serupa efektifnya dengan chlorhexidine untuk menghambat peradangan setelah operasi gigi dan mulut.

6. Mengunyah permen karet

Mengunyah permen karet bebas gula menolong tingkatkan produksi air liur di dalam mulut. Air liur dapat menetralkan dan menyingkirkan asam yang dihasilkan pas bakteri dalam plak gigi mengurai sisa-sisa makanan. Ketika Anda mengunyah permen karet, air liur termasuk sanggup menolong kurangi plak, memperkuat gigi, dan menghambat terjadinya gigi berlubang.

7. Jangan merokok

Kandungan tembakau dalam rokok sanggup memicu gigi menguning dan bibir menghitam. Pada kondisi yang lebih parah, merokok termasuk tingkatkan risiko penyakit gusi, kehilangan gigi, dan lebih-lebih kanker mulut. Maka berasal dari itu, tersedia baiknya Anda berhenti merokok. Kunjungi termasuk dokter gigi kegunaan meyakinkan Anda udah laksanakan cara menjaga kesegaran gigi dan mulut yang benar.

8. Minum lebih banyak air

Air merupakan minuman terbaik untuk kesegaran Anda, termasuk termasuk bagi kesegaran mulut. Minum air sanggup menolong membersihkan {beberapa|sebagian|lebih berasal dari satu} dampak negatif berasal dari makanan dan minuman yang melekat pada gigi. Dengan minum air putih, Anda termasuk sanggup menghambat mulut kering yang sanggup memicu masalah mulut lain, seperti bau mulut dan rusaknya gigi.

9. Batasi mengonsumsi makanan yang manis dan asam

Konsumsi makanan manis sebenarnya sebaiknya tidak berlebihan. Pasalnya, makanan ini dapat diubah jadi asam oleh bakteri mulut yang sesudah itu sanggup menggerogoti enamel gigi Anda. Konsumsi makanan atau minuman asam termasuk sanggup tingkatkan risiko gigi berlubang (karies). Sebagai tidak benar satu cara menjaga kesegaran gigi dan mulut, tersedia baiknya Anda halangi mengonsumsi makanan manis dan asam tiap-tiap harinya.

10. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Sama halnya dengan air, mengonsumsi makanan bergizi untuk gigi termasuk dibutuhkan untuk menjaga kesegaran gigi dan mulut Anda. Makanan sehat dan bergizi yang terdiri berasal dari buah-buahan, sayuran, protein hewani dan nabati, dan juga product susu sanggup beri tambahan vitamin dan mineral yang tubuh Anda butuhkan.

Baca Juga : Masalah Mental yang Rentan Terjadi pada Pekerja Kantoran

Sebuah belajar dalam jurnal Clinical Oral Investigations (2016) menemukan bahwa omega-3 berasal dari ikan dan makanan laut miliki pembawaan anti-inflamasi yang sanggup menurunkan risiko penyakit gusi.

11. Rutin periksa gigi ke dokter

Cara menjaga kesegaran gigi dan mulut yang satu ini sebenarnya sebaiknya teratur Anda lakukan. Walaupun tiap-tiap orang mempunyai kondisi gigi dan mulut yang berbeda, para pakar biasanya merekomendasikan untuk periksa gigi secara teratur tiap-tiap enam bulan sekali.

Pemeriksaan gigi ke dokter secara teratur sanggup menolong Anda mendeteksi masalah mulut atau gigi sedini kemungkinan kegunaan menghambat komplikasi lebih serius. Sementara itu, jikalau Anda merasakan keluhan sakit gigi yang tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter gigi kegunaan mendapatkan penanganan yang tepat.

Kesimpulan

Mempraktikkan cara menjaga gigi dan mulut yang baik sejak bayi hingga dewasa sanggup menolong menghambat gigi berlubang, penyakit gusi, dan masalah lainnya. Perawatan sanggup ditunaikan dengan menyikat gigi rutin, Mengenakan benang gigi dan obat kumur, makan makanan sehat, tidak merokok, dan teratur periksa gigi ke dokter. Segera konsultasi dengan dokter gigi jikalau Anda mengalami keluhan, seperti sakit gigi, gusi bengkak dan berdarah, mulut kering, atau bau mulut.

Anda mungkin juga suka...