Uncategorized

Jadwal Pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2, Lengkap Sistem Cek dan Besarannya

Pencairan Kartu Lansia Jakarta Tahap 2 menjadi topik yang banyak ditunggu oleh masyarakat ibu kota. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah mengumumkan bahwa pencairan bantuan sosial ini akan seketika dijalankan, memberikan kabar bagus bagi para lansia yang memerlukan. Jadwal pencairan diinginkan dapat diumumkan dalam waktu dekat, menetapkan bahwa bantuan dapat disalurkan pas waktu dan pas sasaran.

Kartu Lansia Jakarta adalah program bantuan sosial yang diluncurkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meningkatkan kesejahteraan warga lanjut umur di ibu kota. Program ini memberikan bantuan tunai secara bulanan kepada lansia yang memenuhi kriteria tertentu, sehingga mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar dengan lebih bagus. Tujuan utama dari Kartu Lansia Jakarta adalah untuk meringankan beban ekonomi para lansia dan menetapkan mereka mendapatkan perawatan serta perhatian yang pantas.

Kartu Lansia Jakarta tak hanya memberikan bantuan finansial, tapi juga menetapkan bahwa penerima manfaat terhubung dengan layanan kesehatan dan sosial yang dibutuhkan. Melewati program ini, pemerintah berusaha untuk menghasilkan lingkungan yang lebih inklusif dan suportif bagi para lansia, menjamin bahwa mereka tak terbengkalai dalam masyarakat yang terus berkembang.

Mengenal Kartu Lansia Jakarta

Dikutip dari website jakarta.go.id, Katu Lansia Jakarta atau KLJ adalah program dari Pemerintah DKI Jakarta untuk menolong memenuhi kebutuhan dasar bagi lansia. Tujuan dari program ini adalah untuk peningkatan kesejahteraan lanjut umur dan pengentasan kemiskinan.

Kartu Lansia Jakarta berbentuk kartu ATM Bank DKI yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan transaksi oleh pemegang kartu. Dana KLJ dicairkan tiap tanggal 5 per bulan. Jika penerima KLJ tak dapat hadir dalam pengambilan dana bantuan sosial, karenanya dapat diwakilkan oleh pihak keluarga dan atau kekuatan pendamping lansia, dengan menuliskan surat kuasa dari lansia yang bersangkutan.

Target dari program Kartu Lansia Jakarta adalah lansia yang tak mempunyai penghasilan konsisten atau penghasilannya sangat kecil, sehingga tak dapat memenuhi kebutuhan dasar sehari-hari. Kemudian, lansia yang sakit menahun dan hanya dapat terbaring di daerah tidur, juga warga umur lanjut yang terlantar secara psikis sert sosial.

Persyaratan Penerima Kartu Lansia Jakarta

Tidak seluruh lansia di Jakarta memenuhi prasyarat untuk mendapatkan KLJ. Hanya mereka yang tak sanggup secara ekonomi dan tercatat dalam DTKS yang mempunyai hak mendapatkan bantuan ini. Berikut prasyarat lengkapnya:

Warga berusia 60 tahun ke atas.
Lansia berekonomi rendah (dan semestinya terdaftar dalam Basis Data Terpadu) serta berkendala secara lahiriah atau psikologi.
Jika tak terdaftar dalam Basis Data terpadu, tapi memenuhi prasyarat sebagai penerima manfaat KLJ, dapat diusulkan melewati Mekanisme Pemutakhiran Mandiri (MPM) di kelurahan setempat.
Menderita penyakit menahun atau terbaring di daerah tidur, atau terlantar secara psikis dan sosial.
Dinas Sosial DKI Jakarta bersama dengan pihak-pihak berkaitan akan mengerjakan monitoring dan evaluasi secara berjenjang dan berkala tiap tiga bulan, sehingga program ini dapat terus berada dalam pengawasan supaya pas sasaran.

Pemberian KLJ ini menurut Aturan Gubernur Nomor 142 Tahun 2018 tentang Tanda Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang bersumber dari APBD dan Aturan Gubernur Nomor 193 Tahun 2017 tentang Pemberian Bantuan Sosial Untuk Pemenuhan Kebutuhan Dasar Bagi Lanjut Umur.

Anda mungkin juga suka...