Kesehatan Mental

Tips Menjaga Kewarasan di Kantor yang Toxic

 

Banyak hal di kantor yang terkadang membuat kita ingin segera resign dan meninggalkan lingkungan yang tidak nyaman lagi untuk kita datangi. Tetapi situasi terkadang membuat kita tidak bisa berkutik dan berakhir bertahan di kantor tersebut.

Drama yang kita temukan di kantor pun bisa membuat kita stress dan bahkan membuat mood kita tidak baik. Untuk itu, kali ini kami akan membantu kamu keluar dari masalah tersebut. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kewarasan selama berada di lingkungan kantor yang toxic.

Cara Bertahan di Lingkungan Toxic

1. Ingat Tujuan Utama

Ketika kamu sudah merasa lelah dangan segala hal yang kamu temukan di kantor, termasuk dengan lingkungan yang toxic, ada baiknya untuk kamu kembali ingat mengenai tujuan awal kamu masuk ke kantor tersebut. Apa yang membuat kita dulu termotivasi untuk melamar di posisi pekerjaan kita yang sekarang. Dengan merenungkan hal tersebut, tentu kita bisa kembali ingat dengan mimpi-mimpi yang ingin kita capai. Termasuk dengan rencana dan juga tujuan mulia kita di awal mendapatkan pekerjaan ini.

2. Tetap Profesional

Membayangkan bertemu dengan orang-orang yang membuat kita stres setiap harinya memang dapat membuat kita ingin segera keluar dari kantor. Apalagi kita berada di dalam kondisi yang memaksa kita untuk bertemu mereka setiap hari, membicarakan masalah yang sama lagi.

Tapi itu bukan berati kita bisa meninggalkan begitu saja tanggung jawab yang sudah diberikan kepada kita, lalu pergi tidak jelas. Kita harus tetap bisa bekerja secara profesional dan mengerjakan pekerjaan dengan baik, meski lingkungan yang ada di sekitar kita sama sekali tidak membantu hal tersebut. Coba lakukan hal tersebut untuk kredibilitas dan juga integritas diri kita sendiri. Jangan sampai di lingkungan kerja yang toxic malah membuat nilai dari diri kita ikut turun, ya.

3. Memperbanyak Sabar

Selama kamu masih belum mendapatklan solusi dari kondisi dan juga masalah yang sedang dihadapi, maka ada baiknya untuk kamu bertahan dan berusaha untuk tetap sabar. Cobalah untuk bisa bertahan sementara waktu dan latih kesabaran yang ada di dalam diri kamu. Sabar pun akan membantu kita untuk tidak mudah terpancing emosi. Selain itu cobalah dengan melakukan hal konyol dan menjaga diri agar tetap jernih ketika melihat suatu kondisi.

4. Coba untuk Cuek

Tidak selamanya tindakan cuek pada hal-hal tertentu itu jelek, karena terkadang ada banyak kondisi yang memaksa kita untuk cuek untuk kebaikan. Hal ini bisa kamu lakukan saat berada di dalam lingkungan kerja yang toxic. Kamu harus fokus kepada pekerjaan kamu, lakukan secara profesional dan jaga kinerja kamu tetap baik. Sedangkan untuk urusan lain di luar hal tersebut, ada baiknya untuk jangan terlalu diberikan perhatian.

5. Tetap Berusaha Positif

Apapun yang terjadi di luar diri kita, maka pada dasarnya tidak akan memberikan banyak pengaruh kepada diri kita. Kita harus memiliki kesadaran dan pengendalian diri yang baik untuk memberikan respon kepada semua hal di luar diri kita. Biasanya yang bisa membuat kita sedih dan juga stres adalah bagaimana cara untuk merespon mengenai apa yang terjadi di dalam diri kita.

Jika kamu ingin belajar dalam merubah respon, maka perasaan pun akan menjadi berubah. Memang, untuk bisa sampai tahap ini tidaklah mudah, tetapi ada baiknya untuk terus mencoba menjaga kesehatan mental diri kita sendiri.

 

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk tetap menjaga kewarasan selama berada di lingkungan kerja yang toxic.

Anda mungkin juga suka...