Uncategorized

Kotim Siapkan Rp50 Miliar untuk Jaminan Kesehatan Warga Tidak Mampu

Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng) menyiapkan dana lebih dari Rp50 miliar untuk membayar iuran BPJS Kesehatan sebagai jaminan pelayanan kesehatan bagi warga tak sanggup.

Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor di Sampit, Senin, mengatakan jangan hingga ada warga yang tak bisa berobat sebab alasan tak ada biaya, sebab pemerintah daerah menanggung biayanya lewat kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

\\\”Cukup pakai KTP, warga tak sanggup sudah bisa berobat di rumah sakit maupun Puskesmas,\\\” ujarnya.

Halikinnor menempatkan pelayanan kesehatan sebagai salah satu program prioritas. Oleh sebab itu, dia memerintahkan jajarannya untuk mendampingi dan menetapkan supaya warga bisa memperoleh pelayanan kesehatan secara cuma-cuma.

Sebelumnya, dia menyerahkan bantuan bangku roda kepada dua warga di mahjong slot Kelurahan Sawahan, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Bantuan bangku roda ini terus digalakkan untuk membantu warga yang sakit supaya konsisten giat melakukan aktivitas semampunya.

Ketika menyerahkan bantuan bangku roda untuk seorang perempuan bernama Semani yang usianya hampir seratus tahun, Halikinnor juga mendapati anak dan menantu Semani, yaitu Satini dan Misnali yang menderita gangguan penglihatan.

Halikinnor memberi masukan kedua lansia itu dibawa berobat ke RSUD dr Murjani Sampit. Ia ingin keduanya masih bisa diobati, termasuk sekiranya semestinya dijalankan operasi katarak.

\\\”Di sini ada Pak Sekretaris Kecamatan dan Lurah. Tolong dampingi dan bantu pengobatan hingga ditangani dengan bagus di rumah sakit. Bilang saja bupati yang memerintah, kita ini sudah universal health coverage (UHC), sudah semestinya semua warga kita bisa mengakses layanan kesehatan dengan gampang,\\\” kata Halikinnor.

UHC yaitu cara penjaminan kesehatan yang menetapkan tiap-tiap warga dalam populasi mempunyai jalan masuk yang adil kepada pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif, berkualitas dengan biaya terjangkau.

Sementara itu, Matsari, anak Semani berterima kasih kepada bupati yang perhatian kepada kesehatan masyarakat. Bantuan bangku roda dan fasilitasi berobat cuma-cuma benar-benar besar manfaatnya bagi keluarga mereka.

Anda mungkin juga suka...