Kesehatan Fisik

Benarkah Koyo dapat Meredakan Nyeri Otot?

Apakah kamu sering kali mersakan nyeri otot? Ini merupakan keadaan yang kerap kali mengganggu aktivitas harian kita. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa nyeri di otot ini, salah satu yang  bisa dilakukan adalah dengan menggunakan koyo. Tapi, apakah benar kalau koyo dapat memberiakn efek meredakan nyeri?

Nyeri otot sendiri merupakan nyeri yang dapat melibatkan seluruh otot yang ada di tubuh. Kondisi ini sering kali terjadi pada siapa saja. Terdapat beberapa gejala yang kerap kali dialami oleh mereka yang mengalami nyeri otot, seperti rasa yang tidak nyaman di bagian otot, lalu kadang menyebabkan kejang dan nyeri.

Jika sudah mengalami nyeri otot, apakah benar kalau koyo bisa meredakan rasa nyeri otot? Koyo sendiri  merupakan jenis obat luar yang  biasa dipakai secara langsung ditempel di kulit. Tujuannya adalah untuk menghilangkan pegal dan nyeri yang ada di otot.

Di dalam koyo ada beberapa bahan kimia, seperti menthol, glycol salicylate, dan biofreeze yang diketahui bisa membantu untuk meredakan nyeri pada otot. Bukan hanya itu saja, di dalam koyo pun terkadang terdapat kandungan capsaicin yang bisa berinteraksi dengan sensor neuron untuk memunculkan rasa hangat di tubuh. Kandunganini bisa mengurangi zat alami di dalam tubuh yang memberikan sinyal rasa sakit di pundak.

Saat semua kandungan tersebut disatukan, koyo bisa memberikan sensasi yang hangat dan juga sinyal pada tubuh untuk mengurangi rasa nyeri di bagian tersebut. Inilah kenapa koyo menjadi pengobatan yang efektif untuk pengobatan nyeri otot. Selain itu koyo juga sudah dirancang agar kandungannya meresap ke dalam permukaan kulit.

Cara kerja dari koyo adalah kandungan obat yang ada di dalam koyo akan diserap melalui pembuluh darah ke dalam aliran darah. Setelah itu darah akan menyebarkan kandungan dari obat itu melalui peredaran darah.

Untuk bisa mendapatkan mafaat koyo yang maksimal, maka kamu harus bisa menggunakan koyo dengan benar. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menempelkan koyo di permukaan kulit yang mengalami nyeri oto. Sebelumnya, sebaiknya bersihkan permukaan kulit yang alami nyeri otot sehingga tidak ada kotoran yang menempel di permukaan kulit.

Tempel koyo di bagian yang terasa mengalami nyeri otot dan hindari menempelkannya pada bagian yang terluka atau iritasi. Itu karena jika koyo ditempelkan pada bagian yang terluka, ini bisa memperburuk kondisi kulit. Pastikan menempelnya dengan baik di semua bagian kulit.

Jika sudah merekat tapi kulit terasa seperti gatal atau memerah, hentikan pemakaian koyo. Apalagi jika kamu memang memiliki kulit yang sensitif, ada baiknya untuk mendiskusikan terlebih dahulu ke dokter sehingga tidak terjadi kondisi iritasi yang parah.

Kalau kamu tidak ingin menggunakan koyo untuk meredakan nyeri, ada banyak cara lain yang bisa kamu coba lakukan. Salah satu caranya adalah dengan melakukan olahraga, sehingga kondisi dari otot akan terus terjaga.

Anda mungkin juga suka...