Kesehatan Fisik Kesehatan Mental

Liburan Ke Pantai Bisa Bermanfaat Bagi Kesehatan Fisik dan Mental?

Pantai memang memiliki banyak pesona yang membuat orang-orang tertarik untuk berkunjung ke joker123 slot sana. Hal ini terbukti dengan kondisi yang selalu ramai saat waktu-waktu liburan atau pada akhir pekan.Ada banyak hal menarik yang bisa dilakukan di pantai, mulai dari bermain pasir, menikmati angina sepoi-sepoi, dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan di pantai.

Tapi tahukah kamu ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat berlibur ke pantai, mulai dari kesehatan fisik hingga kesehatan mental.

Manfaat Liburan ke Pantai

1. Mengurangi Stres

Ternyata berenang dapat membantu kita untuk mengatasi stress. Apalagi jika kamu berenang di pantai, maka akan mendengarkan deburan ombak, angin yang bertiup sepoi-sepoi, dan matahari yang bersinar terang. Suara dan visual dari pantai ini diyakini dapat menimbulkan serotin atau hormon kunci seseorang untuk dapat menjadi lebih bahagia. Efek menenangkan ini bisa juga membantu kita mengatasi kesulitan tidur maka bergabung lah di server kamboja slot. Terapi cahaya juga dapat membantu pasien dalam melawan kecemasan dan stress.

2. Membantu Tidur Nyenyak

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan seseorang karena datang ke pantai adalah tidur yang lebih nyenyak. Bagi mereka yang memiliki masalah gangguan tidur atau insomnia, pantai dapat membantu untuk mengurangi gangguan tidur. Tingkat stress dan kecemasan yang tinggi, kurangnya kelelahan fisik, dan ketidakseimbangan hormone dapat membuat tidur menjadi terhambat. Berlibur ke pantai dapat membuat jiwa lebih tenang dan juga membuat kita lebih berolahraga.

3. Asupan Vitamin D

Terdapat salah satu vitamin penting yang dibutuhkan oleh manusia, yakni vitamin D. Tetapi vitamin ini sangat sedikit yang bisa langsung diserap melalui maknaan. Memang susu memiliki kandungan vitamin D, tetapi terkadang kandungan ini tidak cukup untuk tubuh dalam menyerap jumlah yang sesuai setiap harinya. Untungnya, jika kamu berada di bawah sinar matahari selama 10 menit, ini dapat membantu dalam menyerap vitamin D oleh kulit.

4. Perawatan Kecantikan Kulit

Ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan dari pantai dan air laut, di mana ada efek pada kesehatan kulit dan penampilannya secara keseluruhan. Tapi ini tidak didapatkan dari menjemur diri sampai kulit tubuh menjadi cokelat. Sebaliknya, ini lebih terfokus kepada sifat antibakteri dan detoksifikasi dari elemen-elemen tersebut. Kamu dapat melupas sel kulit mati dengan menggosokkan pasir pantai ke beberapa daerah tubuh. Detoksifikasi ini dilakukan dengan matahari yang hangat dan juga membuka pori-pori kita, lalu air garam masuk dan mengeluarkan racun. Antibakteri ini pun bisa menghancurkan bakteri yang menyebabkan jerawat.

5. Lebih Mudah Bernafas

Tahukah kamu apa yang biasa orang lakukan saat pertama kali datang ke pantai? Ya, mereka akan menarik nafas dalam-dalam ketika menginjakkan kaki di pantai. Sebenarnya ini adalah respon otomatis pada kualitas udara. Mereka yang memiliki asma, PPOK, atau kesulitan bernafas akan merasa jauh lebih mudah bernapas ketika ada di pantai. Hal ini dikarenakan hanya terdapat otot dada yang mengelilingi paru-paru menjadi lebih rileks saat mereka melangkah ke pantai. Namun, udara itu sendiri sebenarnya terisi ion negative yang bekerja untuk meningkatkan penyerapan oksigen di paru-paru.

 

Nah, itulah beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan dari berlibur di pantai. Jadi jika kamu ingin mendapatkan banyak manfaat sambil melakukan liburan, pantai bisa menjadi pilihan yang tepat.

 

Anda mungkin juga suka...