penyakit mental
Kesehatan Mental

Mengenal Beberapa Jenis Penyakit Mental

Berikut adalah beberapa jenis penyakit mental yang umum dikenal:

  1. Gangguan Kecemasan: Termasuk di antaranya gangguan kecemasan umum, gangguan panik, fobia spesifik, gangguan kecemasan sosial, dan gangguan obsesif-kompulsif. Gangguan kecemasan ditandai oleh kecemasan yang berlebihan dan kronis yang mengganggu aktivitas sehari-hari.
  2. Gangguan Depresi: Gangguan depresi, atau depresi mayor, adalah kondisi mental yang ditandai oleh perasaan sedih, kehilangan minat atau kesenangan dalam aktivitas sehari-hari, energi rendah, perubahan nafsu makan atau tidur, dan berkurangnya kemampuan untuk berkonsentrasi.
  3. Gangguan Bipolar: Juga dikenal sebagai gangguan bipolar, ini adalah kondisi mental slot server vietnam heylink yang ditandai oleh perubahan suasana hati yang ekstrem antara periode mania (perasaan euforia atau kegembiraan yang berlebihan) dan periode depresi (seperti yang dijelaskan di atas).
  4. Gangguan Psikotik: Ini termasuk gangguan skizofrenia dan gangguan delusi. Pada gangguan psikotik, seseorang mungkin mengalami gangguan pikiran dan persepsi yang menyebabkan ketidakmampuan untuk membedakan antara realitas dan fantasi.
  5. Gangguan Makan: Ini termasuk anoreksia nervosa, bulimia nervosa, dan gangguan makan lainnya. Orang dengan gangguan makan memiliki hubungan yang tidak sehat dengan makanan, berat badan, dan citra tubuh mereka sendiri.
  6. Gangguan Pencemaran: Ini termasuk gangguan stres pasca-trauma (PTSD), gangguan stres akut, dan gangguan penyesuaian. Gangguan pencemaran terjadi ketika seseorang mengalami stres yang berlebihan atau traumatis akibat peristiwa tertentu.
  7. Gangguan Kepribadian: Ini termasuk gangguan kepribadian antisosial, borderline, narsistik, dan paranoid, di antara lain. Orang dengan gangguan kepribadian memiliki pola perilaku, pikiran, dan perasaan yang tidak sehat atau tidak sesuai dengan norma sosial.
  8. Gangguan Perilaku: Ini termasuk gangguan hiperaktivitas impulsif (ADHD), gangguan konduktal, dan gangguan perilaku disosiatif. Gangguan perilaku melibatkan pola perilaku yang tidak sesuai dengan usia atau situasi tertentu.

Penting untuk diingat bahwa setiap orang bisa mengalami tantangan kesehatan mental dalam hidup mereka, dan bahwa bantuan tersedia untuk mereka yang membutuhkannya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal mengalami masalah kesehatan mental, penting untuk mencari bantuan dari profesional kesehatan mental.

Anda mungkin juga suka...