Uncategorized

Mitos Ini Membuat Penanganan Kesehatan Mental Tidak Tertangani Optimal

Kesehatan mental masih dianggap tidak penting. Adapun kesehatan mental terkait dengan kesejahteraan mental yang memungkinkan orang untuk menuntaskan tekanan hidup, menyadari kecakapan mereka, belajar atau berprofesi dengan bagus, serta berkontribusi pada komunitas mereka.

Ini merupakan bagian integral dari kesehatan dan kesejahteraan yang mendukung kecakapan individu dan kolektif kita untuk membikin keputusan, membangun relasi, dan menyusun dunia daerah kita hidup.

Kesehatan mental merupakan hak asasi manusia, dan amat penting bagi perkembangan pribadi, komunitas, dan sosio-ekonomi.

Namun, kesehatan mental kerap kali kali disalahpahami dan distigmatisasi. Masih banyak orang yang beranggapan gangguan mental bukanlah suatu isu yang serius. Anggapan atau stigma yang salah seputar kesehatan mental juga masih banyak beredar di masyarakat.

1. Sulit kesehatan mental tidak biasa terjadi
Salah satu mitos yang paling banyak beredar merupakan kepercayaan persoalan kesehatan mental merupakan hal yang jarang terjadi.

Pada kenyataannya, situasi kesehatan mental amat biasa terjadi. Situasi kesehatan mental tidak memandang umur, variasi kelamin, atau status sosial ekonomi, situasi ini dapat menyerang siapa saja.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), depresi, contohnya, memengaruhi lebih dari 264 juta orang di semua dunia, dan gangguan kecemasan memengaruhi lebih banyak lagi.

2. Sulit kesehatan mental merupakan tanda kepribadian yang lemah
Mitos ini beranggapan individu dengan situasi kesehatan mental merupakan orang yang lemah atau tidak mempunyai tenaga bendung.

Sebenarnya, persoalan kesehatan mental bukanlah cerminan dari tenaga atau kelemahan pribadi. Ini merupakan situasi kompleks yang dipengaruhi oleh beragam unsur, termasuk genetik, lingkungan, dan pengalaman hidup.

3. Hati-buah hati dan remaja tidak mengalami persoalan kesehatan mental
Sulit kesehatan mental dapat memengaruhi individu dari semua umur, termasuk buah hati-buah hati dan spaceman slot remaja. Namun, ada kesalahpahaman biasa bahwa buah hati-buah hati masih terlalu muda untuk mengalami persoalan kesehatan mental.

Pada kenyataannya, intervensi dan dukungan dini amat penting untuk menuntaskan persoalan kesehatan mental pada individu muda dan mencegah konsekuensi jangka panjang.

4. Orang dengan persoalan kesehatan mental berbahaya
Kebanyakan orang mungkin beranggapan bahwa individu dengan situasi kesehatan mental merupakan orang yang berbahaya dan tidak dapat diprediksi. Kesalahpahaman ini menyebabkan ketakutan dan diskriminasi yang tidak perlu.

Pada kenyataannya, beberapa besar orang dengan persoalan kesehatan mental tidak melakukan kekerasan, dan beberapa besar perbuatan kekerasan tidak dilakukan oleh individu yang didiagnosis menderita penyakit mental.

5. Situasi kesehatan mental semuanya sama
Mitos lain yang biasa merupakan pendapat semua situasi kesehatan mental dapat dapat digolongankan sebagai satu kesatuan.

Sebenarnya, kesehatan mental mencakup beragam situasi dengan gejala, penyebab, dan perawatan yang berbeda-beda.

Situasi seperti depresi, kecemasan, gangguan bipolar, skizofrenia, dan gangguan kepribadian ambang, semuanya berbeda dan membutuhkan pendekatan perawatan yang disesuaikan.

6. Terapi cuma untuk mereka yang mempunyai gejala parah
Terapi merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mereka yang mengalami beragam persoalan kesehatan mental, dari yang ringan hingga yang berat, dan bukan cuma bagi mereka dengan gangguan yang parah.

Terapis dapat memberikan strategi menuntaskan persoalan, dukungan emosionil, dan alat untuk pertumbuhan pribadi terhadap siapa malah yang mencari bantuan untuk kesehatan mental mereka.

7. Obat merupakan satu-satunya solusi
Meski obat-obatan dapat menjadi bagian penting dalam menuntaskan beberapa situasi kesehatan mental, obat-obatan bukanlah solusinya.

Penanganan persoalan kesehatan mental mempunyai banyak aspek dan dapat mencakup terapi, perubahan gaya hidup, dan dukungan sosial di samping pengobatan.

8. Sulit kesehatan mental tidak dapat diobati
Banyak mitos yang mengatakan bahwa persoalan kesehatan tidak dapat diobati. Namun pada kenyataannya, beberapa besar situasi kesehatan mental dapat diobati, dan banyak orang dapat pulih atau menuntaskan gejalanya secara efektif dengan perawatan dan dukungan yang pas.

Anda mungkin juga suka...