Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata dari Usia Dini!
Kesehatan

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mata dari Usia Dini!

Mata adalah jendela kehidupan, sebagai salah satu anggota tubuh yang paling penting maka kita harus menjaga kesehatan mata kita dari usia dini. Sebagai indra penglihatan, mata berfungsi mempersepsikan warna, bentuk, ukuran suatu objek. Disebut dengan mata yang sehat apabila mata terbebas dari penyakit yang mengganggu penglihatan. Penyakit mata dapat menurunkan produktifitas dan dapat berpengaruh pada masa depan anak.

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan mata :

  1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Membiasakan memberikan anak asupan makanan yang sbobet wap sehat dan bergizi, seperti banyak konsumsi sayuran, buah-buahan, kacang serta biji-bijian, tidak lupa memberikan konsumsi protein hewani berupa ikan dan daging tanpa lemak.

  1. Mencukupi kebutuhan air dalam tubuh

Cairan yang paling baik yang dibutuhkan tubuh adalah air putih. Kebutuhan cairan pada orang dewasa yaitu minimal 2,5 Liter/hari, sedangkan anak-anak 2100ml/hari. Kekurangan cairan dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan termasuk kesehatan mata salah satunya adalah mata kering dan gatal.

  1. Memakai alat pelindung mata

Pentingnya menggunakan pelindung mata supaya mata terhindar dari cidera mata. Cidera mata dapat disebabkan oleh cahaya matahari, benda asing, dan paparan bahan kimia. Gunakan kacamata hitam saat berpergian ketempat yang panas dan terik sinar matahari, menggunakan kacamata pelindung saat berenang dan saat berada ditempat yang terpapar bahan kimia.

  1. Menghindari bermain menggunakan mainan yang keras dan tajam

Zaman sudah berkembang dengan pesat, di era globalisasi ini inovasi mainan sudah bermacam-macam. Perlunya memperhatikan mainan yang digunakan oleh anak saat bermain adalah tugas sebagai orang tua. Mainan atau benda yang tajam dan keras yang tidak sengaja mengenai mata dapat menyebabkan hal yang fatal. Maka dari itu, pilihlah mainan yang lunak dan tumpul.

  1. Kurangi penggunaan gadget

Penggunaan gadget pada anak sebaiknya dikurangi karena kecanduaan gadget di usia dini dapat menyebabkan terhambatnya proses tumbuh kembang. Untuk menghindari agar anak kecanduan gadget yaitu perbanyak aktivitas bermian diluar rumah supaya anak tidak hanya melihat benda-benda yang dekat tetapi bisa melihat benda yang jauh juga.

Baca Juga: https://ashburnicehousenow.net/5-masalah-kesehatan-yang-sering-dialami-pria/

  1. Rutin memeriksaan Kesehatan Mata

Rutin melakukan pemeriksaan mata anak minimal setahun sekali ke dokter adalah salah satu tips menjaga kesehatan mata. Banyak anak yang mengalami masalah kesehatan mata akan tetapi tidak terdiagnosis karena anak-anak tidak menyadarinya.

Pemeriksaan rutin ke dokter spesialis mata bertujuan untuk mengecek apakah adanya gangguan penglihatan atau penyakit pada mata.

Anda mungkin juga suka...