Saluran Pernapasan
Kesehatan

Penyakit Saluran Pernapasan dan Cara Pencegahan

Sistem pernapasan manusia merupakan organ yang berarti layaknya halnya organ tubuh lain. Sistem pernapasan melibatkan serangkaian organ, mulai berasal dari rongga hidung hingga paru-paru agar manusia dapat bernapas dengan baik.

Saat bernapas, sistem pernapasan bertanggung jawab didalam pertukaran udara. Di samping itu, sistem pernapasan termasuk miliki manfaat selain menyerap oksigen dan mengembuskan karbon dioksida serta jika kalian kekurangan oksigen akan membuat kalian tidak bermain slot myanmar.

Sistem pernapasan miliki manfaat lainnya, seperti:

  • Membantu tubuh dapat bicara atau mengendus bau.
  • Menyesuaikan hawa dengan suhu tubuh dan melembapkan hawa sesuai kondisi tubuh.
  • Menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.
  • Menghilangkan racun karbon dioksida berasal dari didalam tubuh melalui embusan napas.
  • Melindungi saluran hawa berasal dari zat berbahaya dan iritasi.

Untuk itu, merawat kebugaran sistem saluran pernapasan tak boleh diabaikan, mengingat mirip pentingnya dengan organ tubuh lainnya.

Apabila berkelanjutan menghirup hawa yang tidak sehat, kebugaran sistem pernapasan dapat terganggu. Setidaknya terdapat 5 penyakit yang dapat menyerang sistem pernapasan, sebagai berikut.

1. Tuberkulosis (TBC)

TBC disebabkan oleh bakteri bacillus tuberculosis yang membawa dampak alveolus banyak cairan sehingga mengganggu sistem difusi oksigen dan karbon dioksida.

2. Pneumonia

Pneumonia diakibatkan infeksi bakteri, virus dan jamur yang membawa dampak peradangan paru-paru dikarenakan cairan tertimbun di alveolus.

3. Bronkitis

Bronkitis ini penyakit yang membawa dampak peradangan di dinding bronkus dikarenakan virus, sehingga terjadinya batuk berdahak.

4. Asma

Asma merupakan penyakit penyempitan saluran pernapasan yang disebabkan dikarenakan alergi layaknya debu, asap, bulu binatang, hawa dingin, atau infeksi virus terpapar zat kimia.

5. Kanker Paru-paru

Penyakit sistem pernapasan manusia setelah itu kanker paru-paru yang disebabkan sel-sel paru tumbuh tak terkendali, sehingga tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara Mencegah Penyakit Pernapasan

Menjaga kebugaran organ pernapasan sangatlah penting sehingga Anda tidak mudah diserang penyakit di atas. Berikut langkah mencegah penyakit pernapasan sebagai usaha pencegahan.

  • Hindari paparan polusi benar-benar lama dan sering.
  • Selalu menggunakan masker, terlebih saat berada di lingkungan yang berpolusi.
  • Hindari merokok dan terkena asap rokok.
  • Rutin konsumsi makanan sehat layaknya buah dan sayur.
  • Berolahraga secara teratur untuk merawat paru-paru selamanya sehat.

Itulah tipe penyakit terhadap sistem pernapasan beserta langkah pencegahannya sehingga selamanya sehat.

Anda mungkin juga suka...