Uncategorized

Sentuhan Kurangi Rasa Sakit, Depresi dan Kecemasan

Sebuah studi baru mengungkap sensasi sentuhan dapat membawa manfaat bagi tubuh dan pikiran.

Indra peraba sendiri yaitu indra yang pertama kali berkembang pada bayi dan sungguh-sungguh penting serta memungkinkan kita merasakan lingkungan di sekitar kita serta berkomunikasi.

Melainkan, meskipun banyak penelitian yang menampakkan bahwa sentuhan berguna bagi kesehatan, cuma sedikit yang mencoba menggabungkan dengan bidang penelitian yang luas. Dan kini, para pakar telah mengerjakan hal tersebut.

“Sentuhan yang lebih konsensual sepanjang hari dapat slot777 gacor menolong meringankan atau berpotensi membendung keluhan mental dan fisik,” kata Helena Hartmann, salah satu penulis penelitian dari University Hospital Essen.

Mengutip Guardian, Selasa (9/4/2024) studi ini meliputi 212 penelitian yang dipublikasikan sebelunya dan meliputi analisa statistik dari 85 penelitian yang melibatkan orang dewasa dan 52 penelitian yang melibatkan bayi baru lahir.

Dari hasil tersebut, regu peneliti menemukan bahwa sentuhan berguna bagi kesehatan mental seperti halnya kesehatan fisik.

“Profesi kami menandakan bahwa intervensi sentuhan paling sesuai untuk mengurangi rasa sakit, depresi dan kecemasan pada orang dewasa dan buah hati-buah hati serta untuk meningkatkan penambahan berat badan pada bayi baru lahir,” tulis para peneliti.

Analisa tersebut malah mengungkapkan bahwa manusia mendapat manfaat serupa dalam hal kesehatan fisik ketika diraba oleh benda, seperti robot sosial atau selimut.

“Ini sebuah kejutan dan artinya kita perlu mengerjakan lebih banyak penelitian pula seputar potensi selimut berbeban atau robot sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Hartmann.

Kendati demikian, tetap saja akibat positif terhadap kesehatan mental lebih besar jikalau sentuhan berasal dari manusia bukan dari benda. Ini dapat jadi sebab sentuhan dari manusia melibatkan kontak kulit ke kulit.

Anda mungkin juga suka...